Tuesday, January 22, 2013

Pengertian Hosting Beserta Jenis-jenis

Pengertian Hosting. Hosting berasal dari kata “host” yang berarti tuan rumah atau menerima tamu. Hosting merupakan jasa layanan internet untuk menempatkan halaman website Anda agar bisa online. Hosting sendiri menyediakan server-server yang disewakan sehingga memungkinkan individu atau organisasi menempatkan data atau informasi di internet berupa DNS, EMAIL, FTP, atau HTTP. Server hosting terdiri atas dari sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet yang mempunyai kecepatan tinggi. Pengertian hosting yang lain yaitu menyewa tempat untuk menyimpan data yang dibutuhkan oleh sebuah website sehingga bisa diakses melalui internet.

Penyewa hosting akan memiliki hak akses setelah menyewa/membelinya dan akan diberikan kontrol panel yang sudah terproteksi dengan username dan password sebagai admin websitenya. Sebuah hosting mempunyai kapasitas dengan ukuran MB (MegaByte) dan GB (GigaByte). Rata-rata penyewaan hosting adalah per tahun. Sekarang ini penyewaan hosting yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar banyak dijumpai baik di Indonesia maupun luar negeri. Lokasi peletakan data center (pusat data) hosting bisa bermacam-macam, ada di Amerika, Inggris, Singapura, dan ada yang di Jakarta dengan harga sewa yang bervariasi.


pengertian hosting

Jenis-jenis Hosting

Ada beberapa jenis layanan hosting diantaranya adalah Shared Hosting, Dedicated Server, Virtual Dedicated Server (VPS), dan Colocation Server. Berikut penjelasannya:

1. Shared Hosting merupakan server hosting yang dimiliki oleh pengguna satu dan pengguna lainnya yang bisa digunakan untuk beberapa domain (lebih dari satu nama domain). Hal ini berarti satu server memiliki beberapa akun yang dibedakan pada username dan passwordnya.

2. Dedicated Server merupakan penggunaan server yang tidak bisa dioperasikan dalam VPS (shared hosting) dan dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar. Server disediakan oleh perusahaan hosting yang bekerja sama dengan vendor.

3. Virtual Dedicated Server (VPS) atau Virtual Private Server merupakan server yang menggunakan lingkungan software OS (Operating System/Sistem Operasi) dari proses virtualisasi. Hal ini memungkinkan untuk menginstall OS yang bisa berjalan pada OS lain.

4. Colocation Server merupakan sebuah layanan penyewaan tempat atau lokasi untuk meletakkan server yang digunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pengguna yang bekerja sama dengan vendor.

Ketika Anda ingin mempunyai website dengan hosting sendiri, maka yang Anda harus perhatikan adalah kebutuhan terhadap space dan bandwidth (space dibutuhkan jika Anda mempunyai artikel yang banyak dan bandwidth dibutuhkan ketika pengunjung website Anda banyak, memperhatikan fitur dan layanan pada hosting yang akan Anda sewa agar nanti mudaj menggunakannya, serta harga yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Demikianlah info yang dapat saya bagikan bagi anda yang masih belum paham akan apa itu pengertian hosting.

Terkait

Description: Pengertian Hosting Beserta Jenis-jenis Rating: 4.5 Reviewer: Bachtiar Saeful Bekerz ItemReviewed: Pengertian Hosting Beserta Jenis-jenis
Al
VM Corporation Updated at: 12:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Leave Your Comments Below!!!

If there are less obvious article, write your comments below!!! But a decently well in order to maintain joint comfort, you Polite We Reluctant!!! for I will delete SPAM comments!!!